Yuk ketahui Perbedaan Eau de Parfume dan Eau de Toilette

Yuk ketahui Perbedaan Eau de Parfume dan Eau de Toilette

Eau de Parfum (EDP) dan Eau de Toilette (EDT), Kamu masih bingung cara bedainya???

Saat hendak membeli parfum, pernah nggak kamu mengamati tulisan yang tertera di botolnya?
Tulisan seperti Eau de Parfume, dan Eau de Toilette biasanya tertera di setiap botolnya, kan?
Akan tetapi, tahukah kamu apa arti dan perbedaan dari tulisan dibotol tersebut?
Jangan sampai bingung lagi yah, yuk simak penjelasan berikut ini.

Dalam dunia parfum, Eau de Parfum (EDP) dan Eau de Toilette (EDT) adalah dua istilah yang sering kita temui. Kedua jenis parfum ini memiliki perbedaan signifikan dalam hal konsentrasi wewangian, ketahanan, dan penggunaan yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membedah perbedaan mendasar antara EDP dan EDT agar Kamu dapat membuat pilihan yang bijak saat membeli parfum.

1. Konsentrasi Wewangian:

Perbedaan utama antara EDP dan EDT terletak pada konsentrasi wewangian dalam komposisinya. EDP memiliki konsentrasi wewangian yang lebih tinggi daripada EDT. Ini berarti EDP mengandung lebih banyak minyak esensial atau bahan wewangian, yang membuat aroma parfum lebih kuat dan tahan lama.

  • Eau de Parfum (EDP): Biasanya mengandung 15-20% minyak esensial, sehingga memberikan aroma yang intens dan tahan lama, kadang-kadang hingga 6-8 jam atau lebih.

  • Eau de Toilette (EDT): Biasanya mengandung 5-15% minyak esensial, yang membuat aroma parfumnya lebih ringan dan umumnya bertahan sekitar 4-6 jam.

2. Aroma dan Keharuman:

Karena perbedaan konsentrasi wewangian, EDP dan EDT memiliki karakteristik aroma yang berbeda.

  •  EDP: Aroma EDP biasanya lebih kompleks dan dalam. Mereka cenderung memiliki lapisan-lapisan aroma yang berkembang seiring waktu. Aroma EDP sering kali dianggap lebih mewah dan cocok untuk acara-acara formal atau malam.

  • EDT: Aroma EDT lebih segar dan ringan. Mereka cenderung memiliki kesan yang lebih langsung dan bersahabat. EDT umumnya digunakan sehari-hari atau di lingkungan yang lebih santai.

3. Segi Ketahanan Aroma

Ketahanan aroma juga merupakan perbedaan kunci yang perlu dipertimbangkan saat memilih antara EDP dan EDT.

  • EDP: Karena konsentrasinya yang tinggi, EDP memiliki ketahanan yang lebih baik dan dapat bertahan sepanjang hari dengan sedikit atau tanpa perlu pengulangan aplikasi.

  • EDT: EDT biasanya memiliki ketahanan yang lebih rendah, dan Anda mungkin perlu mengaplikasikannya kembali selama hari, terutama jika Anda menginginkan aroma yang tetap segar.

4. Kapan Menggunakan EDP atau EDT:

  • Gunakan EDP saat Anda ingin meninggalkan kesan yang mendalam, seperti dalam acara-acara khusus, malam, atau pertemuan formal.

  • Gunakan EDT untuk penggunaan sehari-hari, pertemuan santai, atau saat cuaca panas, ketika aroma yang segar dan ringan lebih cocok.


Jadi kamu perlu pastiin kembali nih saat membeli parfum, sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan ini, Kamu dapat membuat pilihan parfum yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup kamu.

Masih bingung dengan istilah parfum lainnya? yuk bisa konsultasi apapun di sini 

Posted on 10/21/2023 by Admin Home, First category 524